Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Belajar menggunakan motor servo dan penjelasanya

Belajar menggunakan motor servo

Servo adalah komponen elektronika yang dapat bergerak, untuk pergerakanya dapat di kontrol dengan cukup mudah dan akurat, motor servo ini cukup familiar di dalam dunia ribitika, karena servo ini dapat di gunakan untuk beberapa bagian robot, seperti kaki robot, lengan robot, dan bagian bagian lainya yang dapat bergerak.



Srvo memiliki banyak ukuran dan batas kemampuanya untuk menahan beban nya masing-masing, ada yang mampu menahan beban dari 1.4 Kilo Gram sampai dengan 25 Kilo Gram, nah sekarang kita akan melajar mengendalikan servo yang mampu menahan beban 1.4 KG, servo ini servo yang paling umum dan yang paling banyak di jual di internat, untuk harganya juga ga terlalu mahal.

Ada dua tipe pada servo, tipe pertama standard  yang dapat berputar hingga 180°, dan tipe kedua Continous dapat berputar hingga 360°.

Motor pada umunya hanya dapat di kendalikan putaran dan kecepatanya, berbeda dengn motor servo yang dapat di kendalikan dari kecepatan dan sudutnya dengan cukup akurat dan presisi.

Motor servo ini memiliki beberapa bagian penting, diantaranya Motor DC sebagai enggerak, Gear rasio sebagai penguat torsi servo, Potensiometer sebagai maping posisi sudut servo, dan yang ga kalah canggih motor ini di bekali dengan kontroller untuk mengontrol pergerakan servo ini, sperti arah servo putaran servo, kecepatan laju servo, dan sudut yang akan di tuju servo.

Servo pada umumnya dilengkapi dengan tiga kabel, masing-masig kabel emiliki fungsinya, dua sebagai sumber tegangan +&- dan yang satu sebahai input data, data yang di transfer berua data digital PWM.



Oke sekarang kita akan belajar mengontrol motor servo ini, silahran rakit terlebih dahulu servo dan arduino nya, oiya di sini kita memerlukan arduino ya sebagai alat pemberi sinyal ke servo nya. kamu bisa tiru rangkaianya seperti di atas. untuk pin data dapat di ubah, asalkan pin nya support PWM ya, bagi yang belum tau pin man ayng support PWM, bisa lihat di board arduinonya, yang ada tanda garis gelombanganya itu adalah pin yang support PWM.

OKe jika sudah merakit servo nya, saatnya memasukan programnya ke arduino, kamu bisa ambil program di bawah sebagai pembelajaran.


/* www.badarteknog.com */
#include  // memanggil library Servo
Servo myservo;  
int pos = 0;    // variable data yang akn di kirim ke servo
void setup() {
  myservo.attach(9);  // pin arduino yang di gunakan (PWM)
}

void loop() {
  //servo akan bergerak daro 0° menuji 180°
  for (pos = 0; pos <= 180; pos += 1) { // fungsi perulangan dari 0-180
    myservo.write(pos);              // mengirim data ke servo
    delay(15);                       // jeda 15 detik
  }
  //servo akan bergerak daro 180° menuju 0°
  for (pos = 180; pos >= 0; pos -= 1) { // fungsi perulangan dari 180-0
    myservo.write(pos);              // mengirim data ke servo
    delay(15);                       // jeda 15 detik
  }
  //program ini akan di jalankan terus meerus 
}

Program di atas akan membuat servo berputar dari sudut 0° sampai 180°, setelah itu akan menuju ke 0° jadi  akan mengulang-ulang begitu seterusnya.

Rangkaian kedua


Di rangkaian kedua ini kita akan menggerakan servo dengn potensiometer, potensiometer disini berfungsi untuk memberian nilai atau data dari 0-1023, nah dari nilai ini akan kita gunakan untuk menggerakan servo dari 0° sampai 180°,  kita di sini akan menggunakan fungsi map, fungsi map untuk merubah range tertentu menjadi range yang kita nginkan, yang kita ininkan merubah data 0-1023 menjadi data 0-180 untuk memutar servo, berikut programnya.


/* www.badarteknog.com */
#include 
Servo myservo;
const int pot = A0; // pin potensiometernya
int var; // vareable untuk menampung data yang akan di kirim ke servo
 
void setup(){
myservo.attach(9);//pin yang akan di gunakan untuk servo (PWM)
}
 
void loop(){
var = analogRead(pot); //membaca data potensiometer
var = map (var, 00, 1023, 00, 180); //mengubah nilai 0-1023 menjadi 0-180 derajat
myservo.write(var); // mengirim data ke servo
delay(10);
}

Oke itu dia programnya, untuk cara kerjanya, servo akan berputar mengikuti putaran potensiometer, kalau  potensiometer kita putar ke kiri,  servo juga akan memutar ke kiri. begitu pila sebaliknya.

Oke selamat mencoba, semoga artikel ini bermanfaa, jangan lupa di share ya :D